PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN DINAS KETENAGAKERJAAN DAN KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA SEBAGAI UPAYA PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

  • Ris Artalina Tampubolon
  • Khoirul Kholik Nasution
  • Indra Syaputra Marpaung
  • Wawan Patriansyah

Abstract

Abstrak

      Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pelaksanaan  Program dan Kegiatan Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Padang Lawas Utara sebagai upaya pelayanan kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui dan menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti.

            Undang-Undang Pelayanan Publik atau Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik merupakan undang-undang yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintahan yang baik yang merupakan efektifitas fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri.

Program kerja adalah sebuah perwujudan dari komitmen dalam sebuah organisasi untuk mwujudkan visi dan misi bersama. Program merupakan rencana kegiatan yang akan dikerjakan terperinci. Program merupakan strategi & langkah - langkah untuk mencapai tujuan.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan  Program dan Kegiatan Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Padang Lawas Utara sebagai upaya pelayanan kepada masyarakat dalam kondisi cukup baik yaitu melalui Penyusunan Rencana Strategis, Rencana Kerja dan Rencana Kerja dan Anggaran serta penyusunan Program Kerja berdasarkan RPJMD Kabupaten Padang Lawas Utara dan mengimplementasikannya pada Program dan Kegiatan Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Padang Lawas Utara

Kata kunci : Program, Kegiatan dan Pelayanan Masyarakat.

Published
2022-08-24