UPAYA PEMBINAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA DI KANTOR INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN PADANG LAWAS

  • Nursiah Hasibuan
  • Emirza Henderlan Harahap
  • Tanti Endang Lestari
  • Sarip Parmohonan

Abstract

Abstrak

Pembinaan pegawai merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh setiap organisasi atau instansi, selanjutnya dapat pula ditegaskan bahwa bila organisasi tidak mampu melakukan pembinaan terhadap pegawai yang ada dilingkungannya, maka organisasi tersebut akan mengalami berbagai hambatan dalam mencapai tujuannya.

Secara umum pembinaan disebut sebagai sebuah perbaikan terhadap pola kehidupan yang direncanakan. Setiap manusia memiliki tujuan hiduptertentu dan ia memiliki keinginan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Apabila tujuan hidup tersebut tidak tercapai maka manusia akan berusaha untuk menata ulang pola kehidupannya. Pembinaan adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar, berencana, teratur dan terarah untuk meningkatkan sikap dan keterampilan dengan tindakan-tindakan, pengarahan, pengembangan untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam masalah kepegawaian selain dari pada administrasi kepegawaian juga tidak terlepas dari manusianya dan juga tidak terlepas dari pada masalah manusia dan organisasi dimana ia berada.Dalam hal ini haruslah disadari sepenuhnya untuk dapat menyeimbangkan antara kepentingan organisasi dan kepentingan manusia yang berada dalam organisasi.

Mengingat pentingnya disiplin sebagai persyaratan untuk meningkatkan kinerja organisasi, maka set up pegawai negeri sipil dituntut untuk senantiasa meningkatkan disiplinnya, namun demikian kenyataannya berdasarkan kondisi pengamatan dilapangan terlihat bahwa disiplin pegawai pemerintahan belumlah sesuai dengan kondisi yang diharapkan yaitu disiplin yang baik yang dapat mendukung terlaksananya tugas, fungsi dan tanggungjawab masing-masing pegawai negeri sipil tersebut.

Deskripsi pekerjaan menguraikan apa yang dilakukan pekerjaan atau profil suatu pekerjaan. Para pegawai yang melakukan deskripsi pekerjaan tersebut perlu dilakukan pembinaan secara berkala agar pekerjaannya lebih maksimal hasilnya. Para pegawai baru biasanya telah mempunyai kecakapan dan keterampilan dasar yang dibutuhkan. Walalupun demikian para pegawai adalah tidak sepenuhnya mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas pekerjaan mereka. Bahkan para pegawai yang sudah berpengalaman pun perlu belajar dan menyesuaikan dengan organisasi orang-orangnya, kebijaksanaan-kebijaksanaannya dan prosedur-prodesurnya.

Kata Kunci: Pembinaan dan Disiplin

Published
2022-08-24