PERANAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA DI DESA SISOMA KECAMATAN TANTOM ANGKOLA KABUPATEN TAPANULI SELATAN

  • Emirza Henderlan Harahap

Abstract

Abstraksi

Penelitian ini beranjak dari observasi awal bahwa peran kepala desa dalam pengembangan masyarakat desa Sisoma Kecamatan Tantom Kabupaten Tapanuli Selatan belum berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala desa dalam pembangunan masyarakat desa di Desa Sisoma Kecamatan Tantom Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dengan menerapkan metode pendekatan deskriptif dan kualitatif, informan diambil sebanyak 40 orang dari aparat desa dan anggota BPD, kemudian dilakukan wawancara mendalam dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik interaktif. Hasil penelitian dapat disajikan sebagai berikut: (1) Bahwa secara umum peran kepala desa dalam urusan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Sisoma berjalan cukup baik, walaupun belum mencapai hasil yang optimal. (2) Masih adanya beberapa program / rencana pembangunan desa yang belum dapat direalisasikan. Hal ini disebabkan kecukupan anggaran pembangunan yang masih rendah, serta kendala birokrasi, rentang kendali dan kondisi geografis perdesaan yang sulit dijangkau sehingga ADD dan Dana Otonomi Khusus mengalami keterlambatan.

Saran yang dapat diberikan antara lain: untuk mengoptimalkan peran kepala desa dalam penyelenggaraan pembangunan desa maka disarankan kepada pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan perlu mengalokasikan kompensasi berupa tunjangan kinerja bagi kepala desa berprestasi untuk setiap bulan; dan untuk menjamin terlaksananya semua rencana / program pembangunan desa, khususnya di desa Sisoma, maka dalam penyusunan dan pengadopsian program / rencana pembangunan desa perlu memperhatikan kemampuan keuangan program / berencana untuk membangun desa.

Kata Kunci : Peranan Kepala Desa, Pembangunan Masyarakat Desa

Published
2022-07-22