ANALISIS USAHATANI GANDUM (Triticum spp) DI KENAGARIAN ALAHAN PANJANG KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Komala Sari Nasution
  • Sutan Pulungan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Usahatani Gandum dan menghitung pendapatan serta keuntungan petani gandum di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah petani gandum yang menerapkan sistem Monokultur pada Usahataninya artinya petani hanya mengusahakan gandum saja pada musim tanam September-Desember 2013. Dari populasi tersebut ditarik sampel sebanyak 10 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk tujuan pertama adalah deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Usahatani Gandum yang dilakukan petani ada beberapa kegiatan yang belum sesuai dengan anjurannya seperti jumlah pemakaian pupuk. Rata-rata pendapatan petani sampel dari Usahatani Gandum yaitu sebesar RP.8.036.448 Ha/MT dan rata-rata keuntugannya yaitu sebesar RP.6.673.781/Ha/MT.

Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah petani harus melakukan teknis budidaya sesuai dengan anjuran, seperti jumlah pemakaian pupuk, benih, pestisida, dan pemeliharaan tanaman agar lebih intensif lagi dan menyesuaikannya dengan anjuran peneliti gandum unand. Petani gandum di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok harus bisa mengatur waktu tanam atau pergiliran tanaman yang sempurna guna meningkatkan produktipitas dari gandum itu sendiri serta menghindari terjadinya resiko dalam Usahataninya. Kepada Instansi terkait baik pemerintah maupun Swasta sangat diperlukan bantuannya dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas gandum dengan memberikan bimbingan kepada petani dalam hal teknis budidaya yang baik.

Published
2022-07-20