EFEKTIVITAS PENGUKURAN KINERJA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN TAPANULI SELATAN

  • Edi Epron Sihombing

Abstract

ABSTRAK

           

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai instansi yang mempunyai fungsi memberi pelayanan administrasi kepegawaian secara efektif dan efisien dan mengoptimalkan kinerja aparatur pengelola kepegawaian. Oleh karena itu Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai organisasi publik dituntut untuk meningkatkan kinerja organisasi yang lebih optimal baik dari segi pelaksanaan program kerja maupun pemberian layanan kepada seluruh pegawai negeri sipil lingkup Kabupaten Tapanuli Selatan. Melihat dari tugas dan fungsi yang begitu besar maka tuntutan untuk hasil kinerja yang optimal merupakan keharusan yang harus diwujudkan. Melalui sistem pengukuran kinerja maka sebuah organisasi menilai atas keberhasilan / kegagalan pelaksanaan kegiatan / program / kebijakan sesuai dengan sasaran dan tujuan serta memberi umpan balik kepada manajemen dalam bentuk informasi mengenai pelaksanan suatu rencana dan titik-titik dimana perubahan memerlukan penyesuaian penyesuaian atas aktivitas perencanaan dan pengendalian.

Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui efektivitas pengukuran kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk memperoleh data secara representatif, maka ditetapkan informan sebagai pemberi informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Sistem pengukuran kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan saat ini menggunakan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip); 2) Sistem pengukuran kinerja yang saat ini digunakan belum merupakan sebuah sistem pengukuran yang terintegrasi dengan tujuan stratejik organisasi; 3) BKD Kabupaten Tapanuli Selatan telah menyusun encana kerja yang merupakan turunan dari rencana strategis Kabupaten Tapanuli Selatan; 4) Analisis pekerjaan di BKD Kabupaten Tapanuli Selatan dimuat dalam dokumen yang disebut analisis jabatan; 5) Job description di BKD Kabupaten Tapanuli Selatan dimulai dari kepala BKD sampai pada sub bagian; 6) Tidak ada standar khusus di BKD Kabupaten Tapanuli Selatan; dan 7) indikator kinerja yang disusun sebagai patokan dalam melaksanakan pencapaian program kerja BKD Kab. Tapsel telah menetapkan indikator kinerja.

 

Kata kunci : Efektivitas,  Pengukuran Kinerja

 

Published
2022-07-20