FROFIL GURU SEBAGAI PENGEMBANG BUDAYA NASIONAL DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL MENUJU ERA SOCIETY LIMA KOMA NOL

  • Dr. Burhanuddin S.Sos, M.Pd
Keywords: Frofil Guru, Pengembangan Budaya Nasional, Transformasi Digital, Era Social Lima Koma Nol

Abstract

Abstrak

Manusia sebagai makhluk berakal budi mempunyai kelebihan dari makhluk lainnya.Manusia merupakan makhluk berbudaya. Sebagai Makhluk kebudayaan, manusia hidup dalam suatu sistem  nilai social yang mengatur bagaimana manusia itu harus  bertindak dan hidup, baik dalam kehidupannya sebagai individu  ataupun  anggota batau warga masyarakat maupun kelompok

Secara umum telah di bahas pertalian kebudayaan dan masyarakat dengan pendidikan dan profil guru di lembaga persekolahan di masa depan. Profil guru sebagai pengembang budaya nasional di abad ke-21 perlu mendapat perhatian dalam perencanaan pembangunan nasional oleh pengambil keputusan. Hal itu disebabkan guru sebagai titik sentral dalam upaya pelestarian  nilai-nilai  budaya nasional di masa depan.

Uraian yang dikemukakan di atasbukan sesuatu yang baru, bahkan kita sudah mengetahuinya dan mengalaminya, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah berapa banyak dari kita peduli, menggunakan dan mengembangkannya.Semoga para pendidik dan kita semua hal selaku pelaku dan lpemerhati pendidikan merupakan langkah awal untuk kita mengimplementasikannya pada unit kerja masing-masing.

Published
2021-12-25