PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN MANDAILING NATAL

  • Edi Epron Sihombing, S.Sos.,MAP
Keywords: Peranan, , Pemimpin, Kinerja, Pegawai

Abstract

ABSTRAK

Suatu organisasi membutuhkan pemimpin yang efektif, yang mempunyai kemampuan mempengaruhi perilaku anggotanya atau anak buahnya. Jadi, seorang pemimpin atau kepala suatu organisasi akan diakui sebagai seorang pemimpin apabila ia dapat memberi pengaruh dan mampu mengarahkan bawahannya ke arah tujuan organisasi. Kepala BKD MADINA mempunyai kewenangan fungsional untuk melakukan pengawasan kepada pegawai yang berada dibawah pimpinannya. Peran Kepala BKD MADINA dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Kantor BKD MADINA sangat diharapkan agar para pegawai terarah dan profesional, sehingga lebih mudah dalam mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai bersama.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pribadi pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai, untuk mengetahui peran pengambilan         keputusan       pemimpin        dalam meningkatkan kinerja pegawai, dan untuk mengetahui peran pemimpin memanfaatkan sumber informasi dalam meningkatkan kinerja pegawai BKD Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan informan sebagai objek penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Mandailing Natal dalam menjalankan peran pemimpin bersifat interpersonal yang diukur berdasarkan figur sudah cukup baik. Peran leader dijalankan dengan baik oleh kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Mandailing Natal. Peran pemimpin sebagai penghubung sudah cukup baik dilaksanakan oleh kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Mandailing Natal. Peran entrepreneur dijalankan dengan baik oleh kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Mandailing Natal. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Mandailing Natal menjalankan peran resource allocation. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Mandailing Natal mampu menjalankan peran sebagai pemantau pada setiap aktifitas.

Published
2021-12-10