METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL+STATPLUS GUNA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWAPADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA

  • Erwina Azizah Hasibuan
  • Lilis Harianti Hasibuan
Keywords: metode pembelajaran tutorial, microsoft exel statplus, kemandirian belajar, statistik matematika

Abstract

Konsep belajar mandiri dalam tutorial mengandung pengertian, bahwa tutorial
merupakan bantuan belajar dalam upaya memicu dan memacu kemandirian, disiplin,
dan inisiatif diri mahasiswa dalam belajar dengan minimalisasi intervensi dari pihak
pembelajar yang dikenal sebagai Tutor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) dengan mengambil subjek penelitian mahasiswa semester VII Program
Studi Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuanyang berjumlah 15 orang
yang terdiri dari 4 mahasiswa laki-laki dan 11 mahasiswa perempuan. Objek yang
diambil adalah hasil tes belajar mahasiswa, kemandirian mahasiswa dalam pelaksanaan
pembelajaran di kelas dan laboratorium.Aktivitas dosen dan tutor yang
mengkhususkan pada metode pembelajaran tutorial yang diaplikasikan pada
penggunaan microsoft exel dengan aplikasi statplus di dalamnya guna untuk
meningkatkan kemandirian mahasiswa pada mata kuliah statistikmatematika.
Terdapat peningkatan hasil belajar pada mata kuliah statistik matematika
mahasiswa melalui penerapan metode pembelajaran tutorial berbantuan Ms. Excel +Stat
Plus pada mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Matematika UGN
Padangsidimpuan, dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar statistik Matematika dikelas
mahasiswa pada siklus I 26,67% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Kemudian dari rata-rata hasil belajar praktikum statistik Matematika di laboratorium
mahasiswa pada siklus I 6,67% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 100%.

Published
2018-10-22