PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 4 SD NEGERI 153079 PINANGSORI 6 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Reni Simarmata
Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Kooperatif Tipe STAD

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas 4 SDNegeri 153079 Pinangsori 6. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  ISD Negeri 153079 Pinangsori 6 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Melalui Kooperatif Tipe STAD terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran PKn.Terjadi peningkatan pemahaman siswa tentang hidup bersama dengan orang lain dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada  Formatif I menunjukkan rata-rata 78 dengan ketuntasan kalsikal 70% dan  pada Formatif II menunjukkan rata-rata 87 dengan ketuntasan klasikal 95% atau terjadi peningkatan 25%, data tersebut menunjukkan tuntas sesuai dengan KKM Pendidikan PKn Peningkatan ini menunjukkan pemahaman siswa meningkat. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain  membaca dan menulis (35%), menceritakan kembali isi bacaan dalam diskusi (28% ), bertanya sesama teman (21%),   bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (4%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain  membaca dan menulis (16%), menceritakan kembali isi bacaan dalam diskusi (66%), bertanya sesama teman (11%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (0%). Meningkatnya aktivitas menjawab pertanyaan berdarsarkan isi cerita dalam diskusi menunjukkan pemahaman siswa siswa meningkat.

Published
2018-10-17