UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE CERAMAH MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES DI KELAS V SD N NO.153075 PINANGSORI 4 TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Hanna Panggabean
Keywords: Metode Ceramah, Pendekatan Ketrampilan Proses dan Hasil Belajar.

Abstract

Abstrak

Dalam pembangunan nasional,  pendidikan diartikan sebagai upaya meningkatkan harkat dan martabat manusia serta dituntut untuk menghasilkan kualitas manusia yang  lebih tinggi guna menjamin pelaksanaan dan kelangsungan pembangunan. Banyak orang mengukur keberhasilan suatu pendidikan hanya dilihat dari segi hasil. Pembelajaran yang baik adalah bersifat menyeluruh dalam melaksanakannya dan mencakup berbagai aspek,  baik aspek kognetif, afektif maupun psikomotorik,  sehingga dalam pengukuran peningkatan dari hasil keberhasilannya selain dilihat dari segi kuantitas juga dari kualitas yang telah dilakukan di sekolah-sekolah. Permasalahan yang  mendasar pada Pembelajaran IPA di kelas V SD N NO. 153075 PINANGSORI 4 adalah:  Rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD N NO. 153075 PINANGSORI 4 banyak siswa kesulitan untuk menjawab pertanyaan. Kurangnya perhatian dan minat siswa terhadap materi ketika pembelajaran berlangsung. Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Banyak siswa tidak melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik dan benar. Tidak adanya keberanian siswa untuk melakukan pertanyaan. Kurangnya kreatifitas siswa untuk menjawab pertanyaan guru. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD N NO. 153075 PINANGSORI 4 dalam mata pelajaran IPA. Pendekatan yang digunakan Penulis dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Tumbuhan Hijau adalah Metode Ceramah melalui pendekatan ketrampilan proses. Hasil akhir pelaksanaan kegiatan perbaikan siswa Kelas V SD N NO. 153075 PINANGSORI 4 dalam mata pelajaran IPA semakin membaik.

Published
2018-10-17