Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Group Investigation Di Kelas V SD Negeri 154503 Hutabalang 3

  • Asnaria Situmeang
Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 154503 Hutabalang 3 dalam mata pelajaran IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasĀ  V SD Negeri 154503 Hutabalang 3 dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang. Melalui Model Pembelajaran Group Investigation terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPA. Setelah melaksanakan pra siklus hasil nilai yang diperoleh adalah rata-rata 57,00 dengan persentase ketuntasan 33,33%. Hal ini belum maksimal, siswa belum terkonsentarsi dengan baik, sehingga masih banyak siswa yang kurang mendengar penjelasan guru. Pada Siklus I hasil nilai yang diperoleh siswa rata-rata 69,78, dengan persentase ketuntasan 66,67%, yang mana disini terdapat peningkatan, walau tidak begitu siknifikan. Siklus II mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik ini terlihat dari hasil nilai yang diperoleh siswa rata-rata 83,11, dengan persentase ketuntasan 93,33% sehingga kenaikan ini sangat baik, nilai ini didapatkan karena siswa sudah bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan baik dan benar. Penggunaan materi pelajaran dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation. Meningkatnya aktivitas menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita dalam diskusi menunjukkan hasil belajar siswa meningkat.

Published
2018-10-17