PENGARUH PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 4PADANGSIDIMPUAN

  • Erwina Azizah Hasibuan
  • Adek Nilasari Harahap
Keywords: Investigasi Kelompok, , Kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP N.4 Padangsidimpuan pada pokok bahasan Aritmatika Sosial, (2) mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas VII pada pokok bahasan Aritmatika Sosial dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok.  Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol dengan pengujian hipotesis > atau 3,00 > 1,649 pada taraf Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen untuk pre-test sebesar 49,944 dan post-test sebesar 77,944.Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol untuk pre-test sebesar 48,194 dan post-test sebesar 70,416.

Published
2019-11-01