PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TENTANG KESEIMBANGAN EKOSISTEM MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DAN KUIS PADA SISWA KELAS VI SDN 153079 PINANGSORI 6

  • Megamawan Simamora
Keywords: Proses Pembelajaran, Keseimbangan Ekosistem, Model Kooperatif STAD dan Kuis

Abstract

Abstrak

            Rumusan masalah yang diajukan: (1) Bagaimanakah pembelajaran model kooperatif STAD dapat mendorong siswa untuk belajar tentang Keseimbangan Ekosistem menjadi lebih bersemangat ? (2) Bagaimanakah bermain kuis dapat mendorong siswa untuk belajar tentang Keseimbangan Ekosistem menjadi lebih bersemangat ? Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berada di SDN 153079 Pinangsori 6 Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Jumlah subyek penelitian 20 siswa yang terdiri dari 7 putra dan 13 putri. Kondisi kemampuan IPA sangat kurang karena hasil ulangan harian pada pembelajaran sebelumnya hanya mencapai rata-rata 55,0. Hasil penelitian pada siklus I, aktifitas pembelajaran klasikal hanya mencapai 54,22%. Hal ini belum mencapai peningkatan proses pembelajaran yang diharapkan yaitu 60-70%. Namun pada proses pembelajaran kelompok telah mencapai 91,66% dengan target 70-80%, dan kuis mencapai 74,82% dengan target 70-80%. Sedangkan hasil belajar hanya mencapai 66,66% siswa mencapai nilai 60 - >60 dengan rerata nilai 65 sedangkan target yang ditentukan 100% tuntas mencapai nilai 60 - >60.  Hasil dari penelitian ini adalah pada penilaian secara klasikal kemajuan yang dicapai pada siklus I adalah 54,00% dan siklus II adalah 88,00%. pada penilaian Kooperatif STAD kemajuan yang dicapai pada siklus I adalah 91,25% dan siklus II adalah 97,91%. Pada penilaian Kuis kemajuan yang dicapai pada siklus I adalah 82,06% dan siklus II adalah 94,52%. Pada penilaian hasil  belajar kemajuan yang dicapai pada awal pembelajaran adalah 57,80 siklus I adalah 75,55 dan siklus II adalah 93,46. Pada penilaian Ketuntasan Belajar kemajuan yang dicapai pada awal pembelajaran 50%, siklus I adalah 66,66% dan siklus II adalah 95,00%. Kenaikan Siklus I ke Siklus II adalah pada penilaian klasikal kenaikannya adalah 34%, kooperatif STAD 6,66%, Kuis 12,46%, hasil Belajar 17,91, Ketuntasan Belajar 24,50%.

Published
2019-12-03