PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA ISTANA HOTEL PADANGSIDIMPUAN

  • Agusta Linda Nora
Keywords: Kualitas Jasa, Loyalitas Konsumen

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas konsumen pada Instana Hotel Padangsidimpuan. Teknik analisa data yang dilakukan adalah mengolah data yang didapatkan dari hasil penelitian dan kemudian hasil penelitian ini akan dianalisis sedemikian rupa menggunakan analisis korelasi rank spearmen, pengujian hipotesis dan pengujian koefisien determinasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian bahwa instrumen kualitas jasa dan loyalitas konsumen memiliki kehandalan yang signifikan, karena (0,900 > 0,819), maka alat ukur kuesioner dapat dipercaya atau reliabel dilihat dari uji reliabilitas. Perhitungan SPSS 13.00 menunjukan besarnya koefisien korelasi spearman  (rho) = 0.701, besarnya korelasi atau pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas konsumen sebesar 0.701. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa peningkatan loyalitas konsumen dipengaruhi oleh kualitas jasa sebesar 49.14% sedangkan sisanya 50.86% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kemudian thitung > ttabel (8.398>1.281) sehingga Ho ditolak, maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan atau berarti, antara kualitas jasa terhadap loyalitas konsumen pada Istana Hotel Padangsidimpuan. Dari hasil penelitian ini, hipotesis yang dirumuskan dapat diterima kebenarannya yaitu ada pengaruh yang signifikan atau berarti antara kualitas jasa terhadap loyalitas konsumen pada Istana Hotel Padangsidimpuan karena thit lebih besar daripada ttab, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas jasa berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Istana Hotel Padangsidimpuan.

Published
2019-12-03