UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 6 SD NEGERI 156314 KEDAI GEDANG 2 BARUS

  • Adelis S.Pd. SD
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Picture And Picture

Abstract

Abstrak

Adapun identifikasi masalah berdasarkan latar belakang masalah di atas adalah : 1)Ketidaktepatan pemilihan pendekatan pembelajaran, selama ini pendekatan yang digunakan oleh guru masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan sehingga ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran tersebut. 2)Guru banyak menerangkan tentang teori menulis tetapi tidak banyak memberikan latihan membuat karangan teks berita. 3)Guru tidak pernah memberikan contoh konkret teks berita kepada siswa. 4)Siswa kurang latihan mendeskripsikan benda dengan bercerita dan kurangnya motivasi untuk mendeskripsikan benda dengan bercerita.5) Kurang minat siswa bertanya kepada guru  selama KBM. Jumlah ketuntasan belajar siswa pra siklus masih di bawah standar yaitu hanya 33 %. Penggunaan metode Picture And Picture dalam pembelajaran IPS materi Negara Tetangga Indonesia di Kelas 6 SD Negeri 156314 Kedai Gedang 2 Barus  tahun Pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mencapai nilai ketuntasan yang ditentukan. Hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya dimana pada pra siklus yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab ketuntasan hanya 5 siswa atau sebesar 33 %. Setelah melakukan Model Pembelajaran Picture And Picture  pada siklus I menjadi 10 siswa atau sebesar 67 % dan diperbaiki lagi pada siklus II sehingga ketuntasan belajar siswa mencapai 93 % atau 14 siswa.

Published
2019-12-03