PENGARUH PENYAMPAIAN INFORMASI PEREKONOMIAN TERHADAP KEHIDUPAN PENGUSAHA PADA KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI KOTA PADANGSIDIMPUAN

  • Rahmat SE,MM
Keywords: Penyampaian Informasi Perekonomian, Kehidupan Pengusaha, Kamar Dagang Dan Industri

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Kantor Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dimulai sejak bulan Agustus 2018 hingga selesai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu dengan cara mencari informasi tentang gejala yang ada, didefinisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai, merencanakan cara pendekatannya, mengumpulkan data sebagai bahan untuk membuat laporan. Tujuan penelitian merupakan sasaran atau target yang harus dicapai dalam penelitian ini agar penelitian ini lebih sempurna lagi. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Membina dan mengembangkan kemampuan, kegiatan, dan kepentingan pengusaha Indonesia khususnya Kota Padangsidimpuan dibidang usaha Negara, usaha koperasi, dan usaha swasta dalam kedudukannya sebagai pelaku ekonomi nasional dalam rangka mewujudkan kehidupan ekonomi dan dunia usaha nasional yang sehat dan tertip. Pengusaha KADIN kota Padangsidimpuan. terdiri dari laki-laki sebanyak 35 orang (87,5%) dan perempuan sebanyak 5 orang (12,5%). Dengan umur dari 25-45 sebanyak 26 orang (65%), danĀ  45-65 sebanyak 14 orang (53%). Dan lama bekerja 5< sebanyak 10 orang (25%), 5> sebanyak 30 orang (75%). Hasil analisis validitas yang didistribusikan kepada 40 responden untuk tiap-tiap butir pertanyaan seluruhnya valid dan reliabilitas. Beserta nilai untuk regresi sederhana sebagai berikut: Y=49,498 + 0,041 X Menunjukan bahwa adanya pengaruh antara Penyampaian Informasi Perekonomian terhadap Kehidupan Pengusaha Pada Kamar Dagang Dan Industri Kota Padangsidimpuan. Perekonomian menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,292dengan taraf signifikansi 0,001. Taraf signifikansi hasil sebesar 0,026 tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini Penyampaian Informasi Perekonomian berdeterminasi signifikan terhadap Kehidupan Pengusaha, dimana ini terbukti bahwa pada level signifikan a (0,05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi ditentukan dengan nilai R square sebagaimana dapat dilihat pada hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasinya (R2) yang diperoleh sebesar 0,148. Hal ini berarti 14,8% variasi variabel Kehidupan Pengusaha dapat dijelaskan oleh variabel Penyampaian Informasi Perekonomian sedangkan sisanya sebesar 85,2% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian.

Published
2018-12-12