UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS IV SDN 200412 JORING LOMBANG TA. 2018/2019

  • HOTNIDA MARPAUNG
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Metode Diskusi

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalahUntuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi pada pokok bahasan Perkembangan Teknologi pada siswa Kelas IV SDN 200412 Joring Lombang TA.2018/2019. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa diKelas IV SDN 200412 Joring Lombang dan cara mengatasinya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian dalam PTK ini adalah siswa Kelas IV SDN 200412 Joring Lombang TA.2018/2019, yang berjumlah 21 orang siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan rujukan dengan kepala sekolah. Hasil penelitian memaparkan bahwa sebelum melakukan tindakan, siswa diberikan pre test, hasilnya dari 21 jumlah siswa hanya 7 orang siswa (33,3%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 14 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan (66,7%) dan dari pre test diperoleh nilai rata-rata kelas 57,6 mendapatkan hasil belajar yang rendah. Setelah siklus I ini, guru memberikan post test diperoleh 21 jumlah siswa bahwa 13 orang siswa (61,9%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 8 orag siswa (38,1%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang diharapkan dengan nilai rata-rata kelas 75,2. Pada Siklus II diperoleh dari 21 jumlah siswa terdapat 19 orang siswa (90,5%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 2 orang siswa (9,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas 86,2.

Published
2019-03-13