UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DISKRIPSI PENELITIAN MELALUI DESKRIPSI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 200113 TANOBATO PADANGSIDIMPUAN

  • Hj. SURYATI BATUBARA S.Pd,MM
Keywords: Meningkatkan Keterampilan Menulis, Contextual Teaching, Learning (CTL)

Abstract

Abstrak

Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis Deskripsiskripsi Penelitian sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penDeskripsikatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 200113 Tanobato Padangsidimpuan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode Deskripsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Deskripsil analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis DeskripsiPenelitian setelah diadakan tindakan kelas Deskripsi Contextual Teaching and Learning (CTL). Hal ini terbukti pada pra siklus atau sebelum tindakan nilai pretest, nilai rata-rata siswa 59,7 menjadi 70,2 pada siklus I dan menjadi 79,6 pada siklus II. Selain itu, berdasarkan ketuntasan atau ketercapaian KKM, terdapat peningkatan jumlah peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM. Pada pra siklus dari 10 peserta didik sebanyak 24 orang atau 41,7% yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus I jumlah peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi 16 orang atau sebesar 66,7% dan pada siklus II terdapat 21 peserta didik yang mencapai KKM atau sebesar 87,5%. Deskripsian secara klasikal, pembelajaran menulis di kelas IV menggunakan penDeskripsikatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis DeskripsiPenelitian pada peserta didik yang telah ditunjukkan Deskripsingan mencapai ketuntasan hasil belajarnya.

Published
2019-03-12