PENERAPAN PENDEKATAN EKSPLORATORYDALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 200413 TINJOMANPADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • NURMIWANA SIREGAR, S.Pd
Keywords: Pendekatan Eksploratory

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mengenai penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya, melalui pembelajaran menggunakan penerapan pendekatan Eksploratory. Subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 200413 Tinjoman Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu :1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Faktor yang diselidiki yaitu : hasil belajar siswa. Setiap siklus terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan skor nilai > 6. Pada siklus pertama 64,3%, siklus kedua 89,3%. Sehubungan dengan hasil-hasil yang telah dicapai dalam penelitian ini diharapkan kepada guru IPA, khususnya guru IPA SD Negeri 200413 Tinjoman Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016/2017 agar menerapkan pendekatan Eksploratory pada proses pelaksanaan pembelajaran. Bagi siswa, agar dapat menguasai dan mudah memahami konsep pelajaran dengan mudah dan tidak membosankan.

Published
2019-03-12