PENGARUH EFISIENSI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI KELURAHAN BINCAR KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN UTARA KOTA PADANGSIDIMPUAN

  • Edi Epron Sihombing

Abstract

Abstrak

 

Pegawai Kelurahan merupakan faktor pengaruh yang paling penting karena perilaku merekalah yang akan memperlancar atau merintangi tercapainya tujuan Kelurahan. Pegawai Kelurahan merupakan sumber daya yang langsung berhubungan dengan pengelolaan semua sumber daya yang ada di dalam Kelurahan terutama dalam menyelenggarakan pelayanan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat Kelurahan sebagai pengguna jasa. Pegawai Kelurahan Bincar merupakan modal utama di dalam Kelurahan yang akan berpengaruh besar terhadap efektivitas, karena walaupun teknologi yang digunakan merupakan teknologi yang canggih dan didukung oleh adanya struktur yang baik, namun tanpa adanya pegawai maka semua itu tidak ada gunanya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Efisiensi Pelayanan Publik (X) terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kelurahan (Y) di Kelurahan Bincar Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan teknik survei, sebagai bagian metode deskriptif kuantitatif untuk sejumlah informasi yang dikumpulkan berdasarkan padasuatu gejala yang terjadi pada saat penelitian dilaksanakan. Ditetapkan 12 responden yang diambil dari para Kepala lingkungan Kelurahan Bincar sebanyak 6 orang ditambah dengan pegawai Kelurahan Bincar sebanyak 6 orang.

Hipotesis yang diajukan diterima dengan kata lain terdapat Pengaruh Positif Pelayanan Publik (X) terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kelurahan Bincar Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ =1,461Y + 0,893 X. Koefisien korelasi yang menyatakan kekuatan Pengaruh Palayanan Publik (X) terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kelurahan (Y) yang disimbolkan dengan rxy= 0,557 di interpretasikan sedang.Kontribusi Palayanan Publik (X) terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kelurahan (Y) yang disimbolkan dengan r²xy= 0,310, artinya kontribusinya sedang yaitu 0,310 atau 31%, sedangkan kontribusi variabel lainnya yang berpengaruh tetapi tidak diteliti sebesar 69%.thitung = 2,95 > ttabel = 1,771,berati bahwa signifikansi Palayanan Publik (X) terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kelurahan (Y) adalah signifikan.

 

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Efektivitas Kerja

Published
2023-12-04