PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PELAYANAN MASYARAKAT PADA KANTOR CAMAT LUBUK BARUMUN KAB. PADANG LAWAS

  • Diana Sari Harahap

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian yang ingin dicapai penulis adalah untuk mengetahui pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Camat Lubuk Barumun Kab. Padang Lawas.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, di mana data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian kemudian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang di gunakan kemudian diinterprestasikan. Dari hasil pengolahan komputerisasi dengan menggunakan program SPSS versi 21 maka diperoleh persamaan regresi sederhana sebagai berikut : Y = a + bX, Y = 18.061 + 0,139X. Persamaan regresi di atas dapat dijelaskan sebagai berikut : a= 18.061 menunjukkan bahwa jika Manajemen Sumber Daya Manusia konstan atau X = 0, maka Kinerja Pelayanan Masyarakat sebesar 18.061. b= 0,139 menunjukkan peningkatan Manajemen Sumber Daya Manusia, akan berpengaruh terhadap Kinerja Pelayanan Masyarakat sebesar 0,139. Hasil analisis diperoleh nilai signifikansi untuk variabel Manajemen SDM terhadap Kinerja Pelayanan Masyarakat 0,000. Nilai ini lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai t hitung 2.099 sedangkan nilai t tabel adalah 1,688. Maka nilai t hitung > t tabel yaitu 2.099 > 1,688. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Jadi, Manajemen Sumber Daya Manusia berpengaruh positif terhadap Kinerja Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Camat Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas. Dari hasil pengolahan data komputerisasi dengan menggunakan program SPSS versi 21 maka diperoleh koefisien determinasi (R2) = 0.132. Hal ini menunjukkan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia mampu meningkatkan Kinerja Pelayanan Masyarakat sebesar 13,2% sedangkan sisanya (100%–13,2%= 86,8%) dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti atau tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Manajemen SDM, Kinerja Pelayanan Masyarakat

 

Published
2023-12-04