PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI PADA SISWA SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

  • Dina Syahfitri
Keywords: metode inkuiri, keterampilan menulis, surat resmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan siswa menulis surat resmi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Populasi penelitian adalahseluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 360 orang. Sampel diambil menggunakan teknik sampel random yaitu sebanyak 58 orang terdiri dari kelas VIII-1 dan VIII-2 masing-masing 29 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen tes kemampuan menulis surat resmi. Tes ini diujikan sebanyak satu kali dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Karena penelitian ini bersifat koomparatif, maka harga skor variabel XA dan variabel XB diperbandingkan satu sama lain dengan menggunakan statistik “t”. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata 84,66 sedangkan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 67,76. Dari perolehan nilai rata-rata tersebut, maka hasil belajar menulis surat resmi dengan menggunakan metode inkuiri lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan dengan uji t diperoleh nilai to = 8,35 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan dk = (N1 – N2) ternyata to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00 < 8,35 > 2,66 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti metode pembelajaran inkuiri lebih baik digunakan dalam pembelajaran menulis surat resmi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Published
2018-10-30