PERANAN KOMISI PEMILIHAN UMUM TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM DI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

  • Emirza Henderlan Harahap

Abstract

Abstrak

Pemilihan umum sebagai sarana demokrasi telah digunakan disebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia. Dengan kata lain Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi yang mana demokasi berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Partisipasi politik pemilih pemula pada pemilu Tahun 2019 sangatlah rendah dikarenakan ketidaktahuan akan informasi mengenai tahapan dan jadwal pemilihan umum tahun 2019, dan tingkat kepedulian mereka sangatlah minim, karena mereka tidak mau mencari informasi mengenai tahapan dan pemilihan umum tahun 2019.

Pendapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara Terhadap Partsipasi Politik Pemilih Pemula di Kabupaten Padang Lawas Utara Medan dalam Pemilihan Umum tahun 2019. Bahwa KPU Kabupaten padang Lawas Utara telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mensosialisasikan Pemilihan Umum tahun 2019.

Kata Kunci : Peranan Komisi Pemilihan Umum, Tingkat Partisipasi, Pemilih Pemula

Published
2023-06-30