DAMPAK MORATORIUM REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN TAPANULI SELATAN

  • Nila Sari Hasibuan
  • Yusniar Harahap
  • Khoirul Kholik Nasution

Abstract

Abstrak

Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu dari manajemen PNS yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia dan Aparatur. Namun dengan keadaan jumlah SDM dan Aparatur yang besar sehingga menyedot anggaran untuk pembiayaan belanja pegawai tanpa diiringi dengan kualitas dan produktivitas, sehingga pemerintah mengambil langkah memoratorium rekrutmen CPNS dalam jangka waktu tertentu untuk membenahi manajemen yang sudah ada. Akan tetapi moratorium tersebut terjadi dalam jangka waktu lebih lama dari yang ditentukan, bahkan berlangsung beberapa tahun sehingga berdampak pada Instansi Pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari Moratorium Rekrutmen CPNS pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan serta upaya-upaya yang dilakukan dalam menghadapi dampak tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling yang terdiri dari 4 informan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini mengemukakan fenomena-fenomena yang terjadi  sebagai dampak dari Moratorium Rekrutmen CPNS pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. Dampak positifnya adalah meningkatnya kualitas dari PNS dan secara perlahan PNS sudah mulai memiliki pola pikir bahwa mereka itu harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Disamping itu juga yang menjadi dampak negatifnya adalah pertumbuhan jumlah PNS yang sangat minim sehingga terjadi kekurangan SDM yang mengakibatkan penambahan beban kerja pegawai serta pengembangan karir dari PNS menjadi tertunda. Upaya dalam menghadapi dampak tersebut, akan memaksimalkan formasi pengadaan CPNS nantinya untuk Badan Kepegawaian Daerah bila ada kegiatan seleksi penerimaan CPNS ataupun PPPK serta tetap menanamkan sikap kerja sama dalam menghadapi gejolak kekurangan SDM.

Kata Kunci : Dampak, Moratorium, Rekrut

Published
2023-06-30