PENGARUH REMAP COOPLE PADA MATAKULIAH MIKROBIOLOGI MATERI BAKTERI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

  • Deswidya S Hutauruk
  • Jubelando O Tambunan
Keywords: Remap coople, Konvensional, Hasil Belajar

Abstract

Materi bakteri dalam mata kuliah mikrobiologi merupakan materi yang dipenuhi dengan informasi-informasi berupa teori sehingga sangat diperlukan strategi yang baik agar seluruh informasi dapat ditangkap oleh mahasiswa.Salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung mahasiswa untuk mendapatkan hasil belajar kognitif yang lebih baik adalah Remap Coople (Reading Concept-Cooperative Learning). Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh pembelajaran berbasis Remap Coople terhadaphasil belajarmahasiswa Farmasi Univeritas Efarina. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen.Pengambilan sampel dilakukan dengan carapurposive dengan ketentuan tertentu dan simple random sampling dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test Mengunakanprogram SPSS 17. For Windows, Uji homogenitas digunakan uji Levene Statisticpada taraf signifikansi 0,05 dan Uji hipotesis digunakan uji satu pihak menggunakan data sampel independen T- test, serta untuk mengetahui hubungan kemandirian dengan hasil belajar biologi mahasiswa digunakan analisis korelasi menggunakan program SPSS 17. For Windows.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis remap coople memberi pengaruh pada hasil belajar mahasiswa pada matakuliah mikrobiologi materi bakteri. Pembelajaran dengan basis Remap Coople mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan perbedaan yang signifikan dimana hasil belajar pada kelas kelas eksperimen lebih tinggi (80,3) dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional berbasis pendekatan saintifik (75,3).

Published
2018-10-30