KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN TENGGARA KOTA PADANGSIDIMPUAN

  • Edi Epron Sihombing

Abstract

Abstrak

Berdasarkan pengamatan awal yang telah dilakukan di Kantor Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, terdapat beberapa permasalahan yang dijumpai pada bagian pelayanan. Fasilitas pelayanan merupakan salah satu aspek yang memengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, pemenuhan fasilitas pelayanan bagi pelanggan atau masyarakat merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Fasilitas pelayanan di Kantor Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dianggap masih kurang memadai, seperti tidak adanya kotak saran, dan tempat duduk pada ruang tunggu yang masih kurang. Hal ini dapat mengganggu dan menghambat kelancaran kegiatan pelayanan. Faktor lain yang dapat menghambat kelancaran kegiatan pelayanan adalah keamanan di Kantor Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dianggap masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari belum adanya petugas parkir, sehingga keamanan kendaraan masyarakat tidak terjamin.

Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan Kantor Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian ditargetkan berjumlah 100 responden sesuai dengan jumlah minimal responden dalam penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat yang dipilih secara tidak sengaja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan 14 unsur pelayanan yang diteliti, kepastian biaya pelayanan merupakan unsur dengan nilai indeks tertinggi dengan nilai IKM sebesar 77,75 dan berada pada kategori baik. Sedangkan unsur dengan nilai indeks terrendah yaitu unsur kecepatan pelayanan dengan nilai IKM sebesar 63,80 dan berada pada kategori baik.

Kata Kunci :     Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat.

Published
2023-06-23