PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATI (AptitudeTreatment Interaction) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA JURUSAN IPA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS

  • Rizky Febriani Pohan
Keywords: ATI, treatment, hidrolisis, chi-kuadrat, taraf signifikansi, efektivitas

Abstract

Model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) merupakan suatu model
pembelajaran yang memiliki sejumlah strategi (treatment) yang digunakan untuk menangani setiap
individu tertentu sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing guna meningkatkan hasil
belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
ATI terhadap hasil belajar kimia siswa SMA jurusan IPA kelas XI pada pokok bahasan Hidrolisis.
Sampel siswa yang diteliti adalah siswa SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Medan pada jurusan IPA
kelas XI, yang terdiri dari 2 kelompok. Kelompok pertama dijadikan sebagai kelompok eksperimen
(pengajaran dengan ATI) dan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol (pengajaran tanpa ATI)
dengan jumlah siswa dalam masing-masing kelompok = 40 orang.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu faktorial 2x2. Data
yang diperoleh dianalisis dengan uji chi-kuadrat pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar kimia kelompok eksperimen meningkat sebesar 89,7%, sedangkan
hasil belajar kimia kelompok kontrol hanya meningkat sebesar 70,3%. Dengan demikian, model
pembelajaran ATI memiliki persentase efektivitas sebesar 26,65%. Dengan uji chi-kuadrat tersebut
dapat dinyatakan bahwa efektivitas ini adalah karena pengaruh penerapan model pembelajaran ATI.

Published
2018-10-30