STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS KINERJA PEGAWAI PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

  • Edi Epron Sihombing
  • Abdul Latif

Abstract

Abstrak

Dalam melaksanakan kinerja, pihak Dinas Lingkungan Hidup harus terlebih dahulu melihat semua faktor kemungkinan yang ada, baik itu kesempatan, peluang maupun tantangan serta hambatan apa yang ada dalam era otonomi ini serta penyelenggaraan organisasi haruslah pula menjawab serta memenuhi kehendak pelanggan yaitu masyarakat di Dinas Lingkungan Hidup yang memerlukan pelayanan secara optimal agar tercipta suatu keadaan yang menggambarkan good governance di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Lawas Utara. Kenyataan menunjukkan bahwa dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya Dinas Lingkungan Hidup menghadapi beberapa kendala. Salah satu diantaranya adalah rendahnya kemampuan profesional pegawai, sehingga kinerja organisasi Dinas Lingkungan Hidup belum dapat berjalan dengan baik. Tercapainya tujuan yang menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup tersebut hanya dimungkinkan karena upaya para pegawai yang ada pada Dinas Lingkungan Hidup.

Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui strategi serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan kualitas kinerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Lawas Utara Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dimana penulis menggunakan kuesioner dan daftar wawancara dalam mengumpulkan data di lapangan dan analisis dari bahan-bahan tertulis sebagai sumber data utama. Responden  yang ditetapkan pada penelitian  ini berjumlah  35  (tiga puluh lima) orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan kualitas kinerja pegawai yang diterapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Lawas Utara ada 2 (dua) hal utama, yaitu Peningkatkan kompetensi dengan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan dan Memberikan Kompensasi. Selain 2 (dua) strategi sebagaimana disebutkan pada point 1 (satu), terdapat pula faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas kinerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Lawas Utara, antara lain faktor kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), Kepemimpinan, Motivasi dan Sarana dan prasarana.

Kata kunci :      Strategi, Peningkatan, Kualitas, Kinerja, Pegawai.

Published
2023-02-28