ANALISIS PENGARUH JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR BPJS KESEHATAN CABANG PADANGSIDIMPUAN

  • nggelem ginting
  • ade maya mei shanty
  • ramlan harahap
  • natalia veronica

Abstract

Abstrak

Hasil Perhitungan menunjukkan koefisien korelasi product moment pearson sebesar 1,59. Kemudian untuk menguji apakah hipotesis diterima atau ditolak kebenaranya maka dilakukan dengn membandingkan korelasi hasil perhitungan dengan korelasi dalam table korelasi. Dari hasil perhitungan diatas, maka diperoleh nilai korelasi sebesar r hitung 1,59 sedangkan nilai korelasi untuk n =40=taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebesar r table 0.3578, berarti nilai r hitung yaitu 1,59 lebih besar dari r table 0.3578. Dengan demikian berarti hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima kebenaranya sebab rhit> dari rtab atau 1,59 >0.3578.

Berdasarkan hasil perhitungan analisis data diatas, maka diperoleh nilai t hitung adalah 8,105 sedangkan nilai t tabel adalah 1.68385 dengan taraf signifikan o,o5 dan dk= n-2, 42-2=40. Jadi nilai thit lebih besar dari pada ttab atau 8,105 > 1.68385

Berdasarkan hipotesis yag telah dirumuskan sebelumnya yaitu ada pengaruh Jaminan Sosial Tenaga Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Pegawai Pada Kantor BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan. Setelah dilakukan uji parsial ( uji t), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau pengaruh antara variable x dengan y atau variable determinan jaminan sosial terhadap produktifitas kerja pegawai, tetapi sangat rendah.

Berdasarkan perhitungan koefiesien determinasi diatas dapat disimpulkan bahwa Jamina Sosial Tenaga Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Pegawai Pada Kantor BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan adalah 25,3 % dan sisa 74,7 % yang tidak diteliti oleh penulis.

Kata kunci : Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Produktivitias Kerja Pegawai

Published
2023-02-08