ANALISIS KEBUTUHAN PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA PADANGSIDIMPUAN

Dosen FISIPOL di UGN Padangsidimpuan

  • Khoirul Kholik Nasution, Kholik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Analisis Kebutuhan Pegawai di Padangsidimpuan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan pemerintahan yang belum efisien dan efektif dikarenakan kinerja sumber daya aparatur yang ada belum produktif dan profesional dalam menjalankan tugas pemerintahan. Salah satu pen-yebab utama terjadinyanya hal tersebut karena terjadi ketidaksesuaian antara kompetensi pegawai dengan jabatan yang didudukinya. Ketidaksesuai-an itu disebabkan oleh komposisi keahlian atau ke-terampilan pegawai yang belum proporsional. De-mikian pula, pendistribusian pegawai masih belum mengacu pada kebutuhan nyata organisasi, dalam arti belum didasarkan pada beban kerja organisasi. Di sisi lain pembentukan organisasi cenderung ti-dak berdasarkan kebutuhan nyata, dalam arti orga-nisasi yang dibentuk terlalu besar sementara beban kerjanya kecil, sehingga pencapaian tujuan organisasi tidak efisien dan efektif.

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pegawai pada Badan Ke-pegawaian Daerah Kota padangsidimpuan. Peneli-tian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitiannya berdasar dari analisis jabatan dan analisis beban kerja. Instrumen pengumpulan data adalah wawancara dan observasi pada lokasi dan juga berdasarkan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif.

Dari hasil penelitian yang dilakukan men-unjukan bahwa kebutuhan pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota padangsidimpuan telah terpenuhi. Hal ini berdasarkan dari analisis jabatan dan analisis beban kerja, dimana tingkat kesesuaian kompetensi terhadap jabatan aparatur sudah sesuai dengan syarat- syarat yang ada pada analisis jabatan, selain itu beban kerja dan jumlah pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota padangsidimpuan sudah cukup seimbang, dan untuk sementara tidak perlu ada penambahan pegawai.

 

Published
2017-01-25
Section
Articles