UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERVARIASI PADA BAHASAN DIMENSI 3 VOLUME KUBUS DAN BALOK SISWA SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN T. P. 2016/ 2017

  • Lilis Harianti Hasibuan, Lilis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Hasil Belajar, Metode Variasi, Kubus dan Balok

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ). Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Mate-matika siswa kelas X dengan menggunakan metode bervariasi pada materi pokok dimensi tiga volume kubus dan balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X bervariasi di SMA Negeri 3 padangsidimpuan T.P.-2016/2017. Prosedur tindakan kelas ini ditumbuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refteksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, siklus I dan siklus II. Sebagai tolah ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal 6,5 dan ketuntasan kelas ≥ 85.
Berdasarkan analisias data pada awal tindakan dapat diketahui dari 12 orang siswa tidak ada siswa yang mendapat nilai tuntas dengan rata-rata 24.16 pada siklus I terdapat 7 orang siswa 58,33 % mendapatkan nilai tunta SMA dengan nilai rata-rata 67,5. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 11 orang siswa 91.7 % yang mendapat nilai tuntasa dengan nilai rata-rata 89.17. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X pada materi pokok dimensi tiga volume kubus dan balok di SMA negeri 3 Padangsidimpuan.

Published
2018-06-24
Section
Articles