PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANGSIDIMPUAN

  • Dharma Gyta Sari Harahap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Hasil Belajar, Media Menggambar

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini: pertama, untuk mem-peroleh informasi tentang penggunaan media gam-bar untuk meningkatkan hasil belajar sains-fisika kelas VIII MTs Negeri Padangsidimpuan. kedua, untuk memperoleh informasi tentang media besar menggunakan gambar yang kuat untuk meningkat-kan hasil belajar sains fisika kelas VIII MTs Negeri Padangsidimpuan, dan ketiga, untuk memperoleh informasi kontribusi media menggunakan gambar untuk hasil pembelajaran IPA-fisika kelas VIII MTs Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsana-wiyah Negeri Padangsidimpuan sebanyak 30 siswa dan sebagai sampel diambil 30 siswa kelas VIII-2 dengan menggunakan metode purposive sample. Penelitian ini menggunakan metode analisis des-kriptif dan data penelitian dianalisis dengan metode statistik. Penelitian ini menggunakan alat pengum-pulan data, yaitu hasil studi skala ilmu-fisika 5 - 100 yang telah diuji validitasnya. Uji validitas di-lakukan untuk menunjukkan validitas atau keakura-tan instrumen. Dari 30 pertanyaan yang diuji ada 20 pertanyaan valid atau valid. Setelah uji validitas dilakukan maka uji reliabilitas. Perhitungan relia-bilitas ini dilakukan untuk menunjukkan apakah al-at tes yang diuji dapat diandalkan atau tidak. Pe-nelitian ini menggunakan alat pengumpulan data yang dikalibrasi melalui penilaian dari dua penga-was. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perta-ma, penggunaan media gambar dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VIII MTs Padangsidimpuan. Kedua, siswa siklus pertama tidak akrab diperke-nalkan pada gambar media, jadi lebih banyak ke-percayaan menerima pelajaran dari penjelasan teacnya di kelas VIII MTs Padangsidimpuan. Keti-ga, siswa siklus kedua mulai terbiasa dengan citra media, sehingga lebih mudah untuk menerima pe-lajaran atau memahami konsep cahaya, baik guru maupun untuk mengajar dan belajar di kelas

Published
2017-01-22
Section
Articles