PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KANTOR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KOTA PADANGSIDIMPUAN

  • Silviana Batubara, silvianabtb Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Locus of Control, Kepuasan Kerja

Abstract

Locus of control merupakan keyakinan yang dimiliki oleh seseorang tentang bagaimana hubungan antara usaha yang dilakukan terhadap hasil yang diterima. Locus of control  tersebut berpengaruh terhadap kondisi hidup seseorang, dimana dalam dunia kerja sangat berpengaruh terhadap kepuasan yang diperoleh dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Dengan Locus of control tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kerja. Berdasarkan uraian singkat tersebut dapat dilihat tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh Locus of Control Terhadap Kepuasan Kerja Pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padangsidimpuan. Metode penelitian berfungsi untuk membantu pelaksanaan penelitian agar dapat berjalan dengan baik. Pemilihan metode penelitian juga harus dilakukan secara tepat sesuai dengan penelitian tersebut. Berdasarkan tujuan tersebut, maka dalam penelitian ini penulis  menggunakan metode penelitian kuantitatif.

Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pegawai  Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 142 orang. Kemudian penulis hanya mengambil 15% dari keseluruhan populasi untuk dijadikan sampel, yaitu sebanyak 21 orang. Dimana metode analisa datanya menggunakan korelasi asosiatif dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan uji parsial.

Dari hasil perhitungan maka diperoleh nilai korelasi antara kedua variabel sebesar 0,439 sedangkan nilai korelasi dalam tabel korelasi untuk N= 21 dan taraf signifikan 5%) diperoleh nilai sebesar 0,413, berarti nilai rhit yaitu 0,439 lebih besar dari niai rtab korelasi yaitu 0,413. Kemudian diperoleh nilai thit sebesar 2,13. Sedangkan nilai ttab adalah 1,729 dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 dan dk= n2, 21-2= 19 maka ttab= 1,729 Jadi nilai thit lebih besar daripada ttab atau 2,13  > 1,7-29. Dengan demikian, hipotesis dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya atau ada pengaruh yang positif antara Locus of Control Terhadap Kepuasan Kerja Pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padangsidimpuan.

 

 

Published
2018-12-19
Section
Articles