PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN
Dosen di FKIP-UGN Padangsidimpuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar Fisika kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada semester pertama dengan Materi Besaran dan Satuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan sebanyak 5 kelas diperkirakan sebanyak 148 orang siswa dan yang diambil sebagai sampel hanya satu kelas sebanyak 32 siswa. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah : (1) Dampak langsung penerapan model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi pada materi pokok Besaran dan Satuan dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi pada materi pokok Besaran dan Satuan memberikan dampak tidak langsung terhadap peningkatan hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, mengetahui bahwa belajar bukan hanya tentang apa saja yang dipelajari tetapi mengapa dan bagaimana cara mempelajarinya. Siswa juga Siswa ikut berpartisispasi secara aktif didalam kegiatan belajarnya, siswa benar-benar dapat memahami suatu konsep dan memiliki sikap ilmiah dan menimbulkan semangat ingin tahu para siswa serta dengan menemukan sendiri apa yang dipelajari siswa sehingga sulit dilupakan.