PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKAKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR II DI MATERI OPTIK GEOMETRI

Dosen Pendidikan Fisika di STKIP Tapanuli Selatan

  • Mutiara dan Dedes Asriani Siregar, mutiaradkk Institut Perguruan Tapanuli Selatan Padang Sidimpuan
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Training, Pemahaman Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah Praktikum Fisika Dasar II pada materi optic geometri. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimendengan one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan fisika semester II STKIP Tapanuli Selatan yang berjumlah 20 orang dan semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian. Adapun metode pengambilan sampel yaitu total sampling, yaitu pengambilan seluruh jumlah populasi. Adapun perlakuan yang dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Training. Pada hasil penelitian yang diperoleh bahwa gain rata-rata aktual untuk penerapan model pembelajaran Inquiry Training dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa adalah 31.45 sedangkan gain ternormalisasi dari penerapan model pembelajaran Inquiry Training terhadap pemahaman konsep mahasiswa adalah 0,315 dan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran Inquiry Training pada mata kuliah Praktikum Fisika Dasar II berada pada kategori sedang untuk meningkatkan pemahaman kon-sep mahasiswa pada materi optic geometri.

Published
2018-11-29
Section
Articles