PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA SMP PANCA BUDI MEDAN

Dosen Fakultas Terbiyah, IAIN Padangsidempuan

  • Nasruddin Hasibuan, Nashas IAIN Padangsidempuan
Keywords: Pengaruh, Ekstrakurikuler dan Bakat

Abstract

Dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada SMP Panca Budi Medan secara garis besar digolongkan kepada dua: kegiatan langsung berkaitan dengan pelajaran sesuai dengan kurikulum pendidikan dan berkaitan dengan pengembangan bakat siswa. Kegiatan berkaitan langsung dengan pelajaran sekolah ialah kegiatan les Bahasa Inggris dan Arab dan kegiatan praktek ibadah.
Aktivitas ekstrakurikuler berkaitan dengan kegiatan pengembangan bakat siswa terdiri dari kegiatan olah raga dan kegiatan seni. Kegiatan olah raga dilaksanakan pada sore hari dengan melaksanakan berbagai kegiatan olah raga, seperti olah raga volley ball, olah raga tenis meja, bulu tangkis dan sepak bola. Selanjutnya kegiatan di bidang seni ialah kegiatan seni nasyid dan kegiatan marhaban yang sudah lama dilaksanakan. Kegiatan-kegiatan ini sudah sering mengikuti perlombaan dan telah pernah mendapatkan juara. Ini sebagai salah satu bentuk kegiatan yang dapat membantu siswa agar semakin termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah.
Melalui penelitian yang dilakukan kepada 60 orang siswa sebagai sampel dalam bentuk angket dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa secara umum sudah tergolong tinggi. Motivasi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini dilihat dari beberapa indikator, yaitu kehadiran mengikuti kegiatan, keinginan dan minat siswa dalam mengikuti setiap kegiatan, tujuan mengikuti kegiatan, dorongan dan minat siswa menunjukkan rata-rata 80% sudah menunjukkan motivasi yang tinggi. Sedangkan 20% masih rendah. Mereka yang tinggi motivasinya menunjukkan kehadiran dan kesadaran yang tinggi dalam setiap mengikuti kegiatan. Sedangkan yang rendah motivasinya masih menunjukkan kehadiran dan minat yang rendah.

Published
2018-11-29
Section
Articles