PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PELUANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

Dosen di Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan

  • Erwina Azizah Hasibuan, wiena Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Model Pembelajaran ICARE, Hasil Belajar, Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran student ICARE dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi peluang di kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 24 orang siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran ICARE terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat mulai dari nilai Tes Awal, Tes Hasil Belajar Matematika Siklus I, dan Tes Hasil Belajar Matematika Siklus II. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada nilai hasil tes dapat diketahui dari nilai rata-rata siswa sbesar 63,33 pada Tes Awal, meningkat menjadi 71,17 pada Tes Hasil Belajar Matematika-1, kemudian meningkat lagi menjadi 77,78 pada Tes Hasil Belajar Matematika–2. Sesuai dengan parameter pengamatan penelitian, selain dapat dari nilai rata-rata siswa, peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Terbukti pada hasil tes awal dari 36 siswa yang mengikuti tes, ada 11 siswa yang tuntas belajar dan 25 siswa yang tidak tuntas belajar, dengan persentase ketuntasan belajar hanya sebesar 30,56%. Meskipun pada siklus I keberhasilan siswa hanya mencapai 52,78% dan anggapan penerapan model pembelajaran Introduction, Connect, Apply, Reflect, and Extend (ICARE) gagal, namun keberhasilan siswa sudah mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pelaksanaan tes hasil belajar matematika untuk siklus II mengalami peningkatan lagi dengan persentase ketuntasan mencapai 77,78%.

Published
2018-11-29
Section
Articles