PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

Dosen MatematikaFKIP di Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

  • Haritsah Hammamah Harahap, Icha Hrp Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Pemikiran Kreatif, Penalaran, Pembelajaran Terbuka

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Pengambilan sampel secara acak dilakukan. Penelitian ini dimulai dengan uji coba dan instrumen penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk tanggapan siswa, pola tanggapan siswa. Analisis inferensial yang digunakan adalah analisis t-test dengan satu tangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran open-ended belajar lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran biasa. (2) tanggapan siswa terhadap open-ended belajar positif. Open-ended learning lebih baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika di sekolah. Penerapan open-ended learning harus disesuaikan dengan materi yang sulit menyampaikan gagasan siswa sebagai kesempatan untuk bereksperimen untuk mencari percobaan. 

Published
2018-11-28
Section
Articles