PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISISUNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN KELOMPOK BUZZ SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANTOM ANGKOLA T.A 2016-2017

Dosen Bahasa Indonesia FKIP di Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

  • Fauziah Nasution, ziah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Unsur Instrinsik Cerpen, Teknik Pembelajaran Buzz

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakahdenganteknik pembelajaran kelompok buzz dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tantom Angkola tahun pelajaran 2016-2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan teknik pembelajaran kelompok buzz siswa kelas kelas XI SMK Negeri 1 Tantom Angkola tahun pelajaran 2016-2017. Hipotesis yang ditegakkan dalam penelitian ini adalah, “Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswakelas kelas XI SMK Negeri 1 Tantom Angkola tahun pelajaran 2016-2017 dapat meningkat dengan teknik pembelajaran kelompok buzz ”. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI SMK Negeri 1 Tantom Angkola tahun pelajaran 2016-2017 yang terdiri atas lima kelas, dengan jumlah siswa 171 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 % dari jumlah populasi (45 % dari 171 siswa) adalah 7 siswa. Jadi jumlah sampel penelitian ini sebanyak 77 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tantom Angkola tahun pelajaran 2016-2017 pada pra siklus  atau sebelum penerapan teknik pembelajaran kelompok buzz diperoleh nilai rata-rata 55,64 yang berada pada kategori kurang (50-59). 2). Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan teknik pembelajaran kelompok buzz  siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tantom Angkola tahun pelajaran 2016-2017 pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,15 yang berada pada kategori cukup (60-69). 3). Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan teknik pembelajaran kelompok buzz  siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tantom Angkola tahun pelajaran 2016-2017 pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,35 yang berada pada kategori baik (80-100).Dari hasil di atas terjadi peningkatan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan teknik pembelajaran kelompok buzz  siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tantom Angkola tahun pelajaran 2016-2017 dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat dari 55,64 menjadi 84,35. Hal tersebut berarti terjadi peningka-tan sebesar 51,60%.Hipotesis penelitian diterima.

                          

Published
2018-11-28
Section
Articles