PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN 200201 PADANGSIDIMPUAN

Ahsan Ziyadi Mahasiswa Pasca Sarjana UNIMED

  • Ahsan Ziyadi, ziyadi Pasca Sarjana UNIMED
Keywords: Hasil Belajar, PKN, Media Gambar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Media gambar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV siswa SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 20-15/2016. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berupaya memaparkan penggunaan Media gambar melalui proses belajar mengajar dalam pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 200201. Subjek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 200201 Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 20 orang. Penempatan ini berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan. Objek penelitian yaitu: Penggunaan Media gambar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Pembelajaran PKn yang berorientasi pada pendekatan komunikatif dapat dilaksanakan dengan hasil yang baik. Adapun pelaksanaan dibagi menjadi dua tahap secara berkeseimbangan. Tahap I lebih memfokuskan pada keterampilan berbicara secara nayata dalam menceritakan peristiwa yang didengarnya secara lisan di depan kelas dan dapat memberi tanggapan secara lisan. Tahap II lebih memfokuskan ketrampilan berbahasa yaitu memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menuangkan gagasannya dengan menceritakan kembali cara kerjanya yang didengar menggunakan bahasa sendiri. Pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menanggapi isi cerita secara signifikan, peningkatan ketuntasan belajar yaitu dari 31 % meningkat menjadi 51 % pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 92 % pada siklus II.

Published
2018-11-28
Section
Articles