PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 200122 KEL. TIMBANGAN

Susi Sulastri Lubis Dosen di Prodi Pendidikan Matematika FKIP-UGN Padangsidimpuan

  • Susi Sulasti Lubis, susi loebis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Kooperatif, Tipe Two Stay Two Stray, Motivasi Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 200122 Kel. Timbangan Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pe-nerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam pokok bahasan balok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada siswa kelas V SD Negeri 200122 Kel.Timbangan Padangsidimpuan yang jumlahnya 36 siswa, yang terdiri dari 22 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa 51,94%, dimana siswa yang indikator motivasi belajarnya kategori sangat rendah 27 siswa (75%), indikator motivasi belajar kategori rendah 6 siswa (17%), indikator motivasi kategori sedang 3 siswa (8%), 0% pada motivasi belajar kategori tinggi dan sangat tinggi. Pada siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan persentase nilai rata-rata 73,22%, dimana siswa yang indikator motivasi belajarnya kategori sangat rendah 1 siswa (3%), indikator motivasi belajar kategori rendah 7 siswa (19%), indikator motivasi belajar kategori sedang 7 siswa (19%), indikator motivasi belajar kategori tinggi 19 siswa (53%), dan indikator motivasi belajar kategori sangat tinggi 2 siswa (6%) .Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.

Published
2018-11-28
Section
Articles