ANALISIS DESAIN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS PEMETAAN KONSEP PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2014-2015

Eni Sumanti Nasution Dosen di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Graha Nusantara

  • Eni Sumanti Nasution, Eni Nst Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Model Pembelajaran IPA terpadu, peta konsep, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan antara lain : (1), memperoleh informasi gambaran umum secara signifikan tentang aspek-aspek penyebab guru tidak mendesain model pembelajaran IPA terpadu, (2) untuk memberikan bantuan kepaada guru IPA dalam mendesain model pembelajaran IPA terpadu di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan jenis penelitiannya melalui penelitian tindakan kelas. Instumen penelitian menggunakan tes pemahaman konsep dengan tes berupa uraian dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjunkkan bahwa, Model pembelajaran IPA secara terpisah-pisah menghasilkan pemahaman konsep IPA lebih rendah pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan, (2) model pembelajaran IPA terpadu menghasilkan pemahaman konsep IPA lebih tinggi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.

Published
2018-11-28
Section
Articles