PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS X OTOMOTIF SMK NEGERI 1 BARUMUN PADANGLAWAS

NOVA CHRISTINA DEWI Dosen Pendidikan Matematika di Universitas Graha Nusantara Padang sidimpuan

  • Nova Christina Dewi, Nova CH Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Share, Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar

Abstract

Hasil Belajar matematika siswa di kelas X OTOMOTIF SMK Negeri 1 Barumun belum memuaskan. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dan pertidaksamaan satu variabel. Hal ini disebabkan kurang variatifnya pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas, pemahaman konsep, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier dan Pertidaksamaan Satu Variabel. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pembelajaran berbasis TPS dapat meningkatkan aktivitas, pemahaman konsep, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X OTOMOTIF SMK Negeri 1 Barumun? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X OTOMOTIF dengan jumlah siswa 32 orang. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes kemampuan matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share pada materi sistem persamaan linier dan pertidaksamaan satu variabel dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan matematika siswa di kelas X OTOMOTIF SMK Negeri 1 Barumun. Aktivitas siswa menjawab pertanyaan, bertanya/meminta penjelasan jika mengalami
kesulitan, memberi tanggapan dan menentukan solusi dari permasalan soal LKS mencapai kategori baik. Aktivitas siswa dalam mencatat hal-hal penting atau intisari dari materi pembelajaran dan aktivitas memberi penjelasan pada teman dalam kelompok belajar mencapai kategori baik sekali. Nilai rata-rata tes kemampuan matematika yang diperoleh siswa pada akhir penelitian untuk pemahaman konsep mencapai 77,96 dan kemampuan pemecahan masalah mencapai 75,21. Persentase siswa yang mencapai KKM untuk pemahaman konsep adalah 96,88%, sedangkan untuk pemecahan masalah adalah 93,75%.

Published
2018-11-28
Section
Articles