HUBUNGAN PENGUASAAN MACAM FRASA DENGAN KETERAMPILAN MENGANALISIS TEKS WACANA TULIS SISWA

  • ELISSA EVAWANI TAMBUNAN, Evawani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Penguasaan Macam Frasa dan Menganalisis Teks Wacana Tulis.

Abstract

Objek pembelajaran ini menemukan adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan macam majas dengan keterampilan menganalisis teks wacana tulis siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Skripsi ini menyediakan gambaran tentang kedua variabel yang dipelajari. Populasi untuk penelitian ini di Kelas VIII SMP Negeri 11 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2012- 2013. Penulis memilih tehnik Random Sampling dalam pengambilan sampelnya, dengan sebanyak 14% dari jumlah 350 siswa maka jumlah populasinya 49 siswa. Instrumen penelitian nya berupa test. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisa statistik dengan menggunakan “r” Product Moment. Hasil menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari r tabel (0,79 > 0,288). Artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima, kemudian ini dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan macam frasa dengan keterampilan menganalisis teks wacana tulis siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padangsidimpuan.

Published
2018-11-28
Section
Articles