A COMPARATIVE STUDY BETWEEN RECIPROCAL AND PEER TUTORING STRATEGIES ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT (A STUDY AT THE ELEVENTH GRADE OF SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN )

  • Tinur Rahmawati Harahap, tinur Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Problem Based Learning, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah un-tuk mengetahui: a) kemampuan siswa di dalam membaca pemahaman teks deskriptif dengan menggunakan strategi reciprocal, b) kemampuan siswa di dalam membaca pemahaman teks deskriptif dengan menggunakan strategi peer tutoring, c) apakah ada terdapat perbandingan yang signifikan antara strategi reciprocal dan peer tutoring pada pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. penulis menggunakan metode eksperimen dalam mengumpulkan data dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan tes untuk mengukur kemampuan membaca siswa dalam teks deskriptif. Tes terdiri dari 20 item dalam bentuk pilihan ganda yang harus dijawab oleh siswa dari kedua kelas. Untuk menguji hipotesis, maka digunakan rumus t-test. Setelah mengumpulkan dan menghitung data, ditemukan nilai rata-rata membaca pemahaman siswa tentang teks deskriptif yang diajarkan dengan menggunakan strategi reciprocal adalah 74,02. Hal ini dapat dikategorikan "baik". Sementara itu, nilai rata-rata membaca pemahaman siswa tentang teks deskriptif diajarkan dengan menggunakan strategi peer tutoring adalah 69. Hal ini dapat dikategorikan "cukup" Setelah data dianalisa dengan menggunakan rumus, maka ditemukan bahwa nilai t-test adalah 5.52 dan nilai t-tabel 1,99. Penulis menyatakan bahwa skor t-test lebih besar dari skor t-tabel (5.12> 1.99) dalam membaca pemahaman siswa tentang teks deskriptif. Artinya, ada perbandingan yang signifikan antara strategi reciprocal dan peer tutoring pada pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Dengan kata lain, hipotesis diterima.


Published
2018-11-28
Section
Articles