ANALISIS PENCAPAIAN HASIL BELAJAR DALAM MEMPELAJARI SUB MATERI POKOK DAUR BIOGEOKIMIAWI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN

  • Dharma Gytasari Harahap, gytha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Daur Biogeokimia, Analisis Pencapaian Hasil Belajar

Abstract

bagaimana pencapaian hasil belajar siswa terhadap materi daur biogeokimawi siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X sebanyak 9 kelas sebagai populasi yang diambil 1 kelas yaitu sebanyak 30 siswa sebagai sampel dengan melakukan pengajaran dan evaluasi untuk mengukur tingkat pencapaian hasil belajar siswa melalui soal-soal dalam sub materi pokok Daur Biogeokimiawi.
Pencapaian hasil belajar siswa dalam Sub materi pokok Daur Biogeokimiawi diketahui melalui daya serap siswa dalam menyelesaikan soal-soal sesudah pembelajaran. Hasil peneitian menunjukan bahwa (1) Daya serap siswa pada Ranah Kognitif dan aspek pengetahuan (C-i) sebesar 76,67% yaitu pada materi Daur Nitrogen, pemahaman (C-2) 78,15% yaitu pada materi Daur Nitrogen, Penerapan (C-3) 75,33% yaitu pada materi Daur Belerang, analisis dan sintesis (C-4) 48,33% yaitu pada materi Daur Belerang, dan Evaluasi (C-5) 75,00% yaitu pada materi Daur Daur Air. (2) Kesulitan belajar siswa pada ranah kognitif dan aspek pengetahuan (C-1) 23,34% yaitu pada materi Daur Nitrogen, pemahaman (C-2) 21,85% yaitu pada materi Daur Nitrogen, pen-erapan (C-3) 24,67% yaitu pada materi Daur Belerang, analisis dan sintesis (C-4) 51,67% yaitu pada materi Daur Belerang, dan evaluasi (C-5) 25,00% yaitu pada materi Daur Daur Air. (3) Kesulitan belajar siswa dilihat dan angket yang meliputi faktor ekstren dan intren, menunjukan kesulitan yang paling tinggi dan indikator Psikiatrik sebesar 11,93%, Minat sebesar 11,76%, rumah sebesar 6,06%, guru sebesar 11,6%, materi sebesar 10,66%, dan media sebesar 7,16%.

Published
2018-11-28
Section
Articles