ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI FUZZY UNTUK MENENTUKAN ANGKA KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGOLAHAN SUSU MURNI “FREAK MILK” BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE TSUKAMOTO

  • Aris Munandar Harahap Universitas Graha Nusantara
Keywords: Fuzzy Logic, Metode Tsukamoto, Pelanggan, Kepuasan.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kebutuhan manusia akan teknologi semakin besar. Peran teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk membantu sebuah perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya sehari-sehari, teknologi dan ilmu pengetahuan dapat ditransformasikan menjadi suatu solusi yang efisien dalam mengetahui tingkat kepuasan terhadap penjualan produk. Fuzzy Logic metode Tsukamoto mampu melakukan perhitungan berdasarkan data-data pada kuisioner agar menjadi titik acuan yang relevan dalam memprediksi kepuasan pelanggan kedepannya. Dengan demikian pengambilan keputusan dalam aktivitas penjualan akan lebih efektif.

Published
2022-06-30
Section
Articles