PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 200212 PADANG SIDEMPUAN

  • Erlina Ritonga SD Negeri 200212 Padang Sidempuan
Keywords: Keterampilan Berbicara, Muatan Bahasa Indonesia dan Media Gambar

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Muatan Bahasa Indonesia dengan penggunaan Media Gambar di kelas IV SD N 200212 Padang Sidempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 49 siswa di Kelas IV SD Negeri 200212 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan wawancara selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, media gambar diterapkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 200212 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep tentang situasi dan konteks saat berbicara secara klasikal mengalami peningkatan, yaitu dari 57,1% pada pra tindakan menjadi 65,9% pada siklus I, dan 82,0% pada siklus II. Hasil belajar yang berupa tes secara lisan pada siklus I diperoleh skor 51,5% dan menjadi 74,4% pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningakatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran dengan menggunakan Media Gambar. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Author Biography

Erlina Ritonga, SD Negeri 200212 Padang Sidempuan

Guru SD Negeri 200212 Padang Sidempuan

Published
2022-06-30
Section
Articles