PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 200111 PADANG SIDEMPUAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Elizabeth Siregar SD Negeri 200111 Padang Sidempuan
Keywords: Mind Mapping, Motivasi Belajar, Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam pokok bahasan Bangun Ruang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada siswa kelas V SD Negeri 200111 Padang Sidempuan yang jumlahnya 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa 51,94%, dimana siswa yang indikator motivasi belajarnya kategori sangat rendah 27 siswa (75%), indikator motivasi belajar kategori rendah 6 siswa (17%), indikator motivasi kategori sedang 3 siswa (8%), 0% pada motivasi belajar kategori tinggi dan sangat tinggi. Pada siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan persentase nilai rata-rata 73,22%, dimana siswa yang indikator motivasi belajarnya kategori sangat rendah 1 siswa (3%), indikator motivasi belajar kategori rendah 7 siswa (19%), indikator motivasi belajar kategori sedang 7 siswa (19%), indikator motivasi belajar kategori tinggi 19 siswa (53%), dan indikator motivasi belajar kategori sangat tinggi 2 siswa (6%). Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping.

Author Biography

Elizabeth Siregar, SD Negeri 200111 Padang Sidempuan

 

Guru SD Negeri 200111 Padang Sidempuan

Published
2022-06-30
Section
Articles