SIKAP BAHASA SISWA TERHADAP BAHASA INDONESIA : STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU

  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Dina Syahfitri Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: sikap siswa, sikap bahasa, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa siswa SMA Negeri 1 Batangtoru terhadap bahasa Indonesia. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana sikap bahasa siswa SMA Negeri 1 Batangtoru terhadap bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Batangtoru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara dengan mewawancarai guru bahasa Indonesia dan beberapa siswa yang menjadi sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil 10% dari jumlah keseluruhan siswa, yakni sebanyak 40 siswa. Dalam skripsi ini menggunakan teori ciri-ciri sikap bahasa yang dikemukakan oleh Garvin dan Mathiot, yakni (1) kesetiaan bahasa yang mendorong masyarakat suatu bahasa mempertahankan bahasanya; (2) kebanggaan bahasa yang mendorong orang mengembangkan bahasanya dan menggunakan bahasanya sebagai lambang identitas dan kesatuan masyarakat; (3) kesadaran akan adanya norma bahasa yang mendorong orang menggunakan bahasanya dengan cermat dan santun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap bahasa siswa SMA Negeri 1 Batangtoru terhadap bahasa Indonesia adalah positif. Hasil tersebut berdasarkan persentase angket sebesar 46.75% sangat setuju dan 77.5% setuju atas seluruh pernyataan yang berarti menunjukkan positif. Jawaban ragu-ragu diperoleh sebesar 30%. Sementara itu, hasil negatif dari seluruh pernyataan ditemukan hanya 19.5% tidak setuju dan 4.5% sangat tidak setuju.

Author Biographies

Robiyatul Adawiyah, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dina Syahfitri, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2022-05-31
Section
Articles